Blog Post

KULIAH UMUM “PERAN GENDER DALAM PEREKONOMIAN GORONTALO, DIMANAKAH POSISI PEREMPUAN?”

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unversitas Ichsan Gorontalo mengadakan kuliah umum dengan tema “peran gender dalam perekonomian, dimanakah posisi perempuan?”. Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 31 Januari 2018 yang bertempat di Aula Lantai 3 Universitas Ichsan Gorontalo. Kegiatan tersebut terselenggara berdasarkan program kerja tahunan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISAN.

Acara kuliah umum tersebut menghadirkan pembicara yang dianggap sebagai panutan kaum hawa di provinsi gorontalo yakni Dra. Ida Syahidah. R. Habibie. Beliau adalah istri dari Bapak Gubernur Provinsi Gorontalo. Beliau juga aktiv dalam kegiatan-kegiatan sosial terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan kaum perempuan. Selain itu, panitia juga mengundang Dr. Juriko Abdussamad, M.Si. namun beliau berhalangan hadir dan digantikan oleh Bpk. Dr. Bala Bakri, MM. yang juga bertindak sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut. Beliau adalah Dosen sekaligus akademisi yang aktif dalam ranah politik dan sosial serta aktif menyuarakan ide-ide beliau yang erat kaitannya dengan ekonomi, sosial dan ranah politik.

Kegiatan yang digawangi oleh Ferdiansyah Usman selaku ketua panitia mendapat sambutan hangat dan apresiasi dari dekan fakultas ekonomi, Bapak Dr. Ariawan, MM. dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa pentingnya kegiatan-kegiatan produktif seperti ini karena sebagai kaum intelektual perlu memperluas wawasan dan paradigma terhadap isu-isu yang sedang hangat terutama yang berkaitan langsung dengan pembedayaan masyarakat menuju taraf kesejahteraan bersama. Melalui topik yang dibicarakan dalam kuliah umum ini, diuraikan pentingnya pemberdayaan kaum perempuan dalam membangun perekonomian suatu wilayah karena dari segi kuantitas, jumlah mereka (perempuan) lebih banyak dari kaum adam. Sementara jika mereka diberdayakan maka dapat menekan angka fertilitas dan lonjakan jumlah penduduk.”